JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama untuk mengetahui pengaruh
kemampuan verbal (X1), kedua untuk mengetahui pengaruh penyesuaian diri (X2) dan ketiga untuk
mengetahui pengaruh prestasi belajar matematika (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah deskritif kuantitatif, yaitu dengan mengunakan analisis regresi sederhana untuk mengetahui
pengaruh kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika dan penyesuaian diri terhadap
prestasi belajar matematika, sedangkan untuk uji simultan yaitu digunakan analisis regresi ganda yaitu
untuk mengetahui pengaruh kemampuan verbal dan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar
matematika. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa terdapat pengaruh kemampuan
verbal terhadap prestasi belajar matematika siswa yaitu sebesar 17,1% dan terdapat pengaruh
penyesuaian diri terhadap prestasi belajar matematika siswa yaitu sebesar 49,1% sedangkan untuk uji
simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan verbal dan penyesuaian diri terhadap
prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Buru yaitu sebesar 56,1%. Dengan
persamaan regresiyaitu ? = 89,315 + 0,484X1 - 0,727X2.

Keyword

Kemampuan Verbal, Penyesuaian Diri, Prestasi Belajar Matematika
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak